Harga Geotextile yang Terjangkau

Tanggal :30/01/2021 13.47.00 Penulis : Aguan

Geotextile di Indonesia sudah tidak asing lagi. Banyak sekali aplikasi dalam dunia pembangunan yang memanfaatkan jenis material proyek kontruksi ini karena mudah untuk digunakan. Harga geotextile ini juga terbilang mudah dan terjangkau di toko online orang menjual geotextile murah, sehingga banyak orang yang lebih memilih material ini ketimbang material seperti beton atau barang serupa. Dengan pemanfaatannya yang benar, maka Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal daripadanya.

Geotextile memiliki 2 jenis yang paling dasar, kedua jenis ini adalah jenis woven dan non woven geotextile. Harga geotextile dari masing-masing jenis ini memiliki harga yang berbeda dong tentu saja. Masing-masing jenis memiliki kekuatan dan fungsi yang beragam sehingga tidak heran jika harga geotextile juga berbeda-beda.

Memahami Karakter Geotextile Non Woven

Geotextile non woven banyak yang menyebutnya sebagai gulungan karpet karena bentuknya yang mirip lembaran karpet. Jika dilihat sekilas, geotextile jenis ini sangat mirip dengan karpet yang tebal. Padahal ini adalah material geotextile non woven. Harga geotextile ini juga cukup terjangkau lho meski bentuknya sangat mirip dengan hamparan karpet.

Geotextile non woven ini juga memiliki 2 jenis, yaitu yang berwarna putih dan juga warna hitam. Masing-masing memiliki kegunaannya sendiri-sendiri sehingga harus digunakan dengan tepat. Untuk jenis yang berwana putih, geotextile dengan gramasi berat 200 gram lebih akan digunakan sebagai media perkuatan tanah. Selain itu, bisa juga digunakan untuk pemisah pada tanah dasar dan tanah urugan. Dengan menggunakan jenis ini, air tidak akan menggenang atau masuk ke dalam dasar tanah maupun urugan.

Beberapa aplikasi yang digunakan antara lain dipakai pada jalan aspla, cring beton yang kokoh, dan berbagai proyek pembangunan yang membutuhkan daya tahan tinggi atas beban di atasnya. Harga geotextile jenis ini memang terbilang lebih mahal dibanding dengan jenis yang 150 gram.

Untuk geotextile non woven dengan berat 150 gram, biasanya digunakan sebagai fungsi filtrasi dan drainase. Biasanya geotextile ini memiliki fungsi penyerapan yang baik dan standar. Harga geotextile ini terbilang lebih murah. Beberapa aplikasi dari geotextile jenis ini digunakan pada berbagai proyek pembangunan jalan, misalnya adalah untuk menutup curing beton atau pengganti karung goni.

Dengan menggunakan geotextile, maka kelembapan dari cor-coran beton ini lebih cepat mengering dan merata dibandingkan dengan karung. Jika proses pengeringan dapat terjadi secara merata, maka cor-coran dari beton ini tidak akan mudah retak. Dengan harga geotextile non woven 150 gram yang lebih murah, banyak yang memilih material ini dibandingkan garung goni.

Harga Geotextile Non Woven

Biasanya, geotextile non woven ini dijual dalam ukuran lembaran yang telah dipotong. Di pasaran, harga geotextile ini sangat beragam tergantung dengan kualitas dan mereknya. Range harga geotextile non woven ini antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 untuk ukuran 1x2 meter. Anda bisa menjumpai banyak penjual geotextile non woven ini di marketplace online maupun toko bangunan.

Tentu saja ini dikatakan murah jika melihat dengan kualitas dan fungsinya. Tak heran, banyak ornag yang beralih menggunakan material jenis ini karena lebih efisien. Apakah Anda juga tertarik?

Mengenali Material Geotextile Woven

Geotextile selanjutnya yang harus dipahami dengan seksama adalah jenis geotextile woven. Geotetextile jenis ini seringkali disebut dengan geotextile anyaman. Alasannya adalah tenunan dari serat pembentuknya adalah berupa anyaman kumpulan serat yang tersusun dengan rapi.

Jika dilihat secara sekilas, geotextile ini hampir mirip dengan gulungan tikar yang biasanya berbentuk anyaman. Banyak juga yang menyebutnya sebagai geotextile anyaman. Jika dalam ukuran yang sangat besar, banyak yang memberikan julukan sebagai mega tikar karena menyerupai dengan tikar raksasa. Wah keren sekali bukan?

Material geotextile woven ini biasanya digunakan sebagai media perkuatan tanah lunak. Beberapa tanah lunak yang dimaksud adalah tanah dekat kawasan pantai, tanah lumpur, tanah gambut, dan lain sebagainya. Yang paling banyak mengaplikasikan material ini adalah pada tanah gambut. Kekuatan dari geotextile woven sudah tidak perlu diragukan lagi sehingga banyak yang menggunakan material ini lho.

Harga geotextile woven ini sangat terjangkau dan murah untuk keperluan Anda. Ada berbagai jenis pilihan geotextile woven yang bisa Anda pilih. Sama halnya dengan jenis geotextile non woven, jenis ini memiliki beberapa pilihan ukuran. Biasanya ukuran yang paling umum untuk digunakan adalah jenis 150 gram, 200 gram, dan 250 gram. Harga geotextile untuk masing-masing ukuran ini memiliki perbedaan tergantung bagaimana Anda akan menggunakannya.

Baca juga: Apa itu Geotextile? Dan Fungsi Geotextile

Harga Geotextile Woven

Di pasaran, geotextile woven bisa ditemukan di berbagai marketplace, selain itu Anda juga bisa membelinya di berbagai toko bangunan terdekat Anda. Hampir semua toko bangunan biasanya menyediakan material ini karena memang banyak dibutuhkan. 

Harga geotextile woven juga terjangkau untuk kebutuhan Anda yang sangat banyak. Kami menyarankan Anda agar langsung membeli dalam jumlah banyak karena akan lebih murah. Harga geotextile ini berbeda-beda, tergantung jenis gramasi dan ukurannya. Anda bisa memperoleh geotextile woven dengan harga Rp 240.000 untuk ukuran 1.5 meter x 2.5 meter. 

Harga ini merupakan harga geotextile dengan kualitas premium dan berat 500 gram. Jika Anda membutuhkan jenis yang lebih murah, tentu saja sangat banyak tersedia dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan segan-segan untuk bertanya kepada orang yang lebih ahli dari geotextile ini agar tidak salah.

Geotextile per Roll

Geotextile akan lebih mudah dijumpai di pasaran dalam bentuk roll besar. Harga geotextile dalam pillihan rol ini akan lebih murah karena terhitung sebagai pembelian grosir atau kelas besar. Biasanya penggunaan material ini sangat banyak sehingga lebih baik membeli yang ukuran roll saja. Ada beberapa pilihan geotextile ukuran roll yang biasanya dijumpai di pasaran. Berikut daftarnya

  • Geotextile non Woven dengan berat sebesar 150 gram – 400 Gram, biasanya memiliki ukuran 4 x 100 meter per roll yang digunakan untuk kebutuhan pembangunan besar.

  • Geotextile Non Woven dengan gramasi 500 gram atau lebih, akan dijual per satu roll dengan ukuran 4×50 meter per roll.

  • Untuk geotextile woven  berat 150 gram, pilihan rollnya adalah 4 x 200 meter Per roll

  • Sedangkan Geotextile woven yang memiliki berat 200 gram ke atas, jenis rol yang tersedia adalah 4 x 150 meter per roll. 

Dengan ukuran ini, lebar maksimum geotextile non woven adalah 400 meter persegi dan jenis geotextile woven adalah 800 meter persegi. Jumlah ini tentunya akan memiliki harga geotextile yang lebih hemat jika dibandingkan dengan membeli ukuran per meter. 

Jika Anda melakukan proyek pembagunan dengan membutuhkan geotextile yang sangat banyak, akan disarankan untuk menggunakan material ukuran roll karena bisa memenuhi banyak kebutuhan Anda sekaligus. Sekaligus, Anda juga bisa lebih menghemat biaya yang akan dikeluarkan karena semakin banyak geotextile yang dibeli maka semakin murah.

Demikian tadi sedikit penjelasan mengenai harga geotextile beserta penjelasannya,Semoga bermanfaat!


kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Logo IDT
Chatbot